2008/12/11

Nelayan Sondong



Nelayan Sondong yang melakukan aktifitas penyondongan udang, dinantikan oleh Istri dan Anaknya di Pantai Nibung Angus Tanjungpinang, (11/12) (foto :Haris)


Nelayan Sondong merupakan aktifitas ekonoms, yang dilakukan oleh sebagian masyarakat yang bermukim disekitar perairan Nibung Angus, Kota Tanjungpinang. Dari Aktifitas ekonomis itu Seorang Nelayan Sondong, sebut saja namanya Suparjo (52) yang setiap harinya pergi ke laut, jika air akan pasang naik.

Dirinya mulai membentangkan jaring yang disisi kiri dan kanan jaring itu dipasang batangan kayu, kemudian digunakan untuk menjaring udang di sekitar bibir pantai, alat itulah yang disebut dengan Sondong. Untuk penghasilan bagi suparjo, tergantung berapa banyak udang yang berhasil terjaring, namun Suparjo, dalam seharinya memperoleh sekitar 1/2 kilo sampai dengan 2 kilogram, yang dijual per kilogramnya
Rp. 45.000,-.

Untuk Pemasaran biasanya Dirinya tidak usah repot-repot untuk menjualnya ke pasar, tapi cukup disekitar pantai itu pembeli sudah menunggu, biasanya ibu-ibu rumah tangga.

Kegiatan itu biasanya dihentikan oleh Suparjo, apabila air sudah mulai pasang naik, biasanya dalam kondisi demikian udang sudah tidak ada lagi, karena sudah lari ke tengah laut atau ke tempat lain. (Abdul Haris).

Tidak ada komentar: